Dua Jalur Penting Agar Bisa Diterima Masuk UI

Kampus ui seleksaiDikampus.com – Memilih kampus untuk meneruskan jenjang pendidikan adalah hal yang melelahkan bagi lulusan SMA atau sederajat. Mereka harus menemukan kampus idaman yang sesuai dengan cita-citanya. Namun terkadang jalur yang mereka ambil salah atau tidak update informasi membuat mereka tidak bisa diterima oleh universitas yang diidamkannya.

Salah satu kampus idaman lulusan SMA di Indonesia adalah Unversitas Indonesia, namanya yang megah dan bergengsi ini membuat jutaan lulusan SMA mempatri kan hatinya di kampus kuning ini.

Perlu anda ketahui bahwa menjadi mahasiswa di kampus UI bukanlah hal mudah, tapi anda tidak boleh menyerah. Terdapat dua jalur yang bisa anda tempuh yaitu :

Jalur Undangan masuk UI

Merupakan seleksi masuk berdasarkan nilai raport. Penerimaan berdasarkan pada prestasi akademik yang diperlihatkan dengan nilai raport dengan mempertimbangkan indeks prestasi sekolah dan sesuaikan dengan daya tampung yang ada. Jalur undangan hanya ditujukan siswa yang bakal lulus pada tahun yang sama waktu mendaftar. Misalkan PPKB 2015 yaitu untuk lulusan SMA Sederajat dengan tahun 2015.

  • SNMPTN merupakan jalur undangan untuk program pendidikan S1 Reguler. Meskipun namanya undangan, tak bermakna UI kirim undangan ke sekolah. Tetapi panitia nasional SNMPTN yang menginformasikan pada sekolah untuk mengisikan data siswa di situs PDSS supaya siswa bisa mendaftar SNMPTN. Pendaftar bisa pilih sebagian program pendidikan yang ada di beragam perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Siswa yang tidak bisa ikuti SNMPTN, masih tetap memiliki kesempatan mendaftar S1 Reguler melalui SBMPTN serta SIMAK UI.
  • PPKB yaitu jalur undangan untuk program pendidikan Vokasi serta S1 Paralel. Hanya sekolah yang memperoleh undangan dari UI, yang bisa mendaftarkan siswanya di program ini. Pendaftar hanya bisa memilih satu program studi Vokasi atau satu program S1 Paralel yang ada di UI. Siswa yang tidak bisa ikuti PPKB, masih tetap memiliki kesempatan mendaftar S1 Paralel lewat ujian tulis SIMAK UI.
  • Talentscouting yaitu jalur undangan untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Sama dengan PPKB, namun sekolah yang memperoleh undangan yang bisa mendaftarkan siswanya di program ini. Pendaftar cuma bisa pilih satu program studi S1 Kelas Internasional yang ada di UI. Siswa yang tidak bisa ikuti Talentscouting, masih tetap memiliki kesempatan mendaftar S1 Kelas Internasional lewat ujian tulis SIMAK UI – Kelas Internasional.

Ujian Jalur Tulis

Jalur Tertulis merupakan seleksi masuk berdasarkan ujian tertulis. Penerimaan berdasar pada hasil ujian tulis. Jalur tulis bisa diikuti siapapun tanpa ada batasan tahun lulus dengan mengikuti ketentuan program pendidikan.

SBMPTN yaitu jalur tulis yang diadakan oleh panitia nasional SBMPTN. Jalur tulis ini diperuntukan pada program pendidikan S1 Reguler. Batasan tahun lulus pendaftaran jalur ini yaitu maksimal 3 tahun, Mislanya: pendaftaran SBMPTN 2015 adalah lulusan SMA Sederajat tahun 2015, 2014, 2013. Pendaftar bisa pilih sebagian program pendidikan yang ada di beragam perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Penjelasan selanjutnya silahkan kunjungi situs resmi SBMPTN.

SIMAK UI merupakan salah satu jalur tulis diadakan oleh UI. Jalur tulis ini ditujukan untuk program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel serta Vokasi. Batasan tahun lulus berlaku untuk pendaftar S1 Reguler. Sedang untuk S1 Paralel serta Vokasi tak ada batasan tahun lulus. Pendaftar bisa pilih sebagian prodi/jurusan yang ada program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel serta Vokasi sekalian hanya dengan satu kali ujian.

SIMAK – Kelas Internasional yaitu jalur tulis yang diadakan oleh UI untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Tak ada batasan th. lulus untuk mendaftar program ini. Materi ujian dalam bhs inggris. Penjelasan selanjutnya bakal di sampaikandi situs ini.
Jadwal penerimaan mahasiswa baru th. akademik 2015 bisa dipandang di sini.

Jalur masuk tak memengaruhi biaya pendidikan. Karena biaya pendidikan bukanlah ditetapkan berdasarkan jalur masuk, tetapi berdasarkan program pendidikan. Ketidaksamaan cost pendidikan antar program pendidikan dengan cara umum yaitu, cost pendidikan S1 Reguler bebas uang pangkal sedang Vokasi (D3), S1 paralel serta S1 Kelas Paralel dibebankan uang pangkal ketika pertama kali di terima.

Leave a Reply