Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Mahasiswa Setelah Sidang Skripsi

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Mahasiswa Setelah Sidang Skripsi

Dikampus.com РSkripsi adalah tugas akhir yang harus dibuat oleh semua mahasiswa strata 1 untuk mengakhiri masa perkuliahannya. Bagi sebagian besar orang, menganggap bahwa sidang skripsi adalah akhir dari proses perkuliahan.  Banyak orang yang berfikir bahwa setelah sidang selesai  maka tidak ada hal-hal lain lagi yang harus mereka lakukan menjelang hari wisuda. Padahal masih banyak hal penting yang harus diselesaikan sampai hari wisuda itu tiba.

Tahukah kalian hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan dikerjakan setelah sidang skripsi selesai? Adapun beberapa hal yang harus dikerjakan sebelum menyandang status resmi sebagai alumni adalah

Mengerjakan revisian dan bertemu dengan dosen penguji dan pembimbing
Skripsi yang sudah disidangkan biasanya masih memiliki beberapa kesalahan baik dalam penulisan ataupun isi laporan. Biasanya dosen penguji juga memberikan beberapa masukan untuk skripsi yang disidangkan. Hal inilah yang membuat kita harus melakukan revisis kepada dosen penguji dan dosen pembimbing.

Mengurus segalah hal mengenai peminjaman
Mahasiswa yang ingin mendaftar sebagai calon wisudawan seharunya sudah tidak memiliki tanggungan apapun dikampus seperti minjaman buku, alat-alat kampus dan lain-lain. Jadi bagi calon wisudawan harus sudah mengembalikan barang-barang yang dipinjam sebelum.

Mengurus administrasi
Seteleh sidang selesai, mahasiswa harus mulai mengumpulkan berkas-berkas yang akan digunakan untuk mengurus surat-surat kelulusan. Sebaiknya berkas ini disiapkan jauh-jauh hari agar siap digunakan saat semua urusan selesai.

Menyiapkan kenang-kenangan untuk dosen pembimbing
Sebagai bentuk rasa terimakasih kita kepada dosen pembimbing tidak ada salahnya jika kita memberikan kenang-kenangan kepada dosen pembimbing kita. sebaiknya kenang-kenangan yang akan diberikan bisa digunakan atau bisa membuat dosen mengingat dirimu.

Jangan pernah menunda sesuatu
Jangan pernah menunda apapun yang bisa kamu lakukan dengan cepat contohnya saja seperti revisian. Semakin lama kamu menunda maka semakin lama pula kamu akan lulus.