Kandidat Vaksin Virus Dengue Halal Temuan Doktor UI

Original Title: Aa_5120a.jpgDikampus.com – Banyak sekali penyakit yang bisa menyerang sistem imun tubuh manusia dan bahkan sangat berbahaya jika dibiarkan menyebar. Salah satu pencegahannya adalah dengan melakukan vaksinasi. Namun sayangnya bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama muslim, harus ngelus dada karena tidak semua vaksin yang ada berlabel halal.

Baru baru ini terdapat temuan baru dari seorang Doktor di Universitas Indonesia, Jakarta mengenai calon vaksin untuk virus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Indonesia sebagai negara tropis tentunya memiliki masalah serius terhadap penyakit ini. Penderita DBD akan kehilangan banyak sel hemoglobin dalam darah dan dapat berujung kematian jika tidak ditangani dengan benar.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada vaksin berlisensi  halal untuk virus dengue (dimaksud juga dengue virus atau DENV). Pada awal mulanya, sudah ada riset perihal vaksin demam berdarah dengue, namun vaksin itu memiliki kandungan babi hingga tak halal untuk warga di Indonesia yang sebagian besar beragama Islam.

Beliau adalah Dr. dr. Christina Safira Whinie Lestari, M. Kes. yang mempelajari kemungkinan dibuatnya vaksin dari protein rekombinan non-struktural 1 (NS1) pada virus dengue serotipe 1 (DENV-1) strain Indonesia. Penelitiannya selama kurang lebih empat tahun di Program Doktor Pengetahuan Biomedik Fakultas Kedokteran Kampus Indonesia (FKUI) menunjukkan protein itu bisa jadikan kandidat vaksin sesudah diujikan pada mencit. Dengan risetnya Whinie sukses menjaga disertasinya dihadapan dewan penguji serta memperoleh nilai 3, 92 (sangatlah memuaskan) di Ruangan Senat Akademik FKUI, Universitas UI, Salemba pada Rabu (22/4/2015).

“Yang diprioritaskan dalam penelitian ini yaitu product vaksinnya halal. Kita memakai protein NS1 juga sebagai pengganti protein struktural untuk hindari antibody dependence enhancement yang bisa jadi memperburuk penyakit DBD (pada pasien). Kita juga memakai strain Indonesia yang mewakili penyakit DBD di Indonesia hingga kelak bisa memberi imun yang pas untuk warga Indonesia”, ungkap Whinie di FKUI Salemba.

Semoga apa yang dihasilkan oleh beliau memberikan manfaat besar bagi orang banyak dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply