Selfie Saat Wisuda, Membuat Gelar Hasrul Tertunda

selfie saat wisudaDikampus.com – Perguruan Tinggi merupakan jenjang pendidikan lanjut. Di sini mahasiswa bukan hanya akan dijejeli dengan materi kuliah yang seabrek tapi juga tentang analisa diri untuk menjalani hidup. Di akhir pendidikan PT biasanya diadakan serangkaian acara kelulusan atau yang lebih dikenal dengan wisuda.

Acara ini sebagai pelepasan mahasiswa oleh pihak perguruan tinggi. Tentu semua mahasiswa pasti menunggu-nunggu momen yang satu ini. Karena saking spesialnya momen wisuda ini, banyak cara yang digunakan para mahasiswa untuk melampiaskan kegembiraanya.

Hal yang menarik dilakukan oleh mahasiswa dari Universiti Teknologi Mara (UiTM) Kuala Lumpur Malaysia. Muhammad Hasrul Haris Mohd Radzi memecah kehikmatan acara wisuda dengan melakukan selfie di panggung wisuda. Tak pernah terpikirkan bukan? Di acara yang formal dia sempat melakukan hal itu.

Meskipun unik, tindakan yang dilakukan oleh mahasiswa diploma jurusan fotografi tersebut terbilang nekat. Pasalnya tidakan itu tidak ada dalam pengarahan yang dilakukan sebelum acara berlangsung. Rencana pulang dengan gelar profesi pun tidak jadi ia rasakan yang ada adalah penundaan kelulusannya selama dua tahun.

Tan Sri Prof Dr Sahol Hamid Abu Bakar sebagai Wakil Rektor UiTM pun menyesalkan perbuatan yang dilakukan Hasrul. Beliau mengatakan bahwa tidakan itu tidak sewajarnya dan memalukan perguruan tinggi. Menurut Sahol seharusnya Hasrul memperhatikan aturan pada saat berada di aula wisuda karena acara ini banyak diperhatikan oleh publik luas.

Hasrul pun meminta maaf atas tindakan yang dilakukannya. Ia menjelaskan bahwa ide untuk melakukan selfie tidak ia rencanakan dan datang tiba-tiba begitu saja. Hasrul juga menambahkan bahwa sebenarnya itu hanya ungkapan kebahagiaan di hari kelulusannya.

Sahol juga menambahkan bahwa insiden seperti ini pernah terjadi dan ini untuk kedua kalinya. Pelaku sebelumnya pun mendapatkan sanksi yang sama, yaitu penundaan pemberian gelar. Tentu hal seperti itu akan menjadi penyesalan Hasrul seumur hidup.

Mahasiswa merupakan siswa pada pendidikan lanjut meskipun berstatus sebagai “siswa” analisa pendidikan lanjut tentu harus digunakan setiap saat. Apa yang akan dilakukan dan manfaat dari yang ia lakukan. Sebaiknya berhati-hati dalam mengungkapkan apa yang dirasakan dan jadilah penerus bangsa yang memiliki attitude yang baik J

Leave a Reply