Seperti Inilah Beton Kwalitas Dewa Karya Mahasiswa UI

betonDikampus.com – Mahasiswa UI memang terkenal kreatif. Hampir setiap hari kita mendengar prestasi yang mereka torehkan. Baik manca maupun dalam negeri. Saat ini dilakukan oleh mahasiswa teknik dari tim Achalesvara. Mereka membuat beton berkualitas tinggi yang ekonomis serta dapat digunakan secara massal.

Anggota tim mereka adalah Inggrid Rosalyn Indriana, Erinda PAndu Purnamasari, dan Elia Benny Virginia. Tim ini menawarkan inovasi betoon dengan menggunakan 12% (dari bahan sementisius) Fly Ash (Abu Terbang) dan 8% (dari bahan sementisius) Silica Fume (Bubuk Silika) dalam campuran beton yang mereka ciptakan.

Berdasarkan hasil uji tekan, beton tim Achalesvara ini mendapatkan hasil 68 MPA pada umur beton 28 hari. Hasil ini merupakan nilai tertinggi dengan perbandingan cukup ekonomis karena menghemat biaya 15% dari harga beton ready mix yang ada di pasaran.

Bersama dengan Pembimbing senior Dr. Ir. Elly Tjahjono, DEA, inovasi tersebut berhasil membuktikan kehebatan Tim Achalesvara dalam meraih Juara I dalam Lomba Karya Ilmiah Beton C.E.T.A. Trisakti 2015.

Dalam kompetisi yang sama, Muhammad Haikal Syarief, Baiti Rahma Maudina, dan Annisa Salsabila yang tergabung dalam Tim Alkalina UI yang juga berhasil meraih juara ke-3. Tim Alkalina berhasil menjadikannya sebagai bahan beton daur ulang. Botol kaca yang telah hancur dimanfaatkan kembali menjadi pengganti semen, sementara limbah beton bekas yang tidak terpakai digunakan kembali sebagai agregat kasar.

Leave a Reply