Usaha yang Umum Digeluti Mahasiswa

pusat bisnis2

image source gunadarma.ac.id

Dikampus.com – Menjadi mahasiswa adalah masa dimana mengenali jati diri dan mencoba berbagai hal untuk menemukan passion yang tepat untuk diri sendiri. Salah satunya bagi mahasiswa yang hobi mencari uang sendiri atau karena desakan ekonomi adalah melakukan bisnis sampingan .

Bahkan kadang bisnis sampingan mahasiswa menghasilkan lebih besar dibandingkan bisnis sebagaimana umumnya dilakukan. Selain menambah uang jajan, berbisnis sejak mahasiswa juga akan melatih anda untuk mengatur management waktu dan menciptakan segala sesuatunya lebih kreatif. Hal paling pasti adalah anda bisa belajar mandiri dan tidak lagi minta duit pada orang tua.

Berikut ini kami uraikan berbagai usaha yang umumnya digeluti mahasiswa.

1. Usaha Sampingan Pulsa Elektrik

Berjualan pulsa elektrik adalah  hal paling sederhana bahkan sejak SMP, SMA pun bisa melakoni binsis ini. Walaupun keuntungan dari usaha jualan pulsa elektrik tak terlalu besar, yaitu sekitar pada 500 sampai 1500 rupiah per sekali transaksi. Tetapi juga sebagai seseorang yang mempunyai jiwa wirausaha sejati, kecilnya keuntungan dalam 1 transaksi bukanlah jadi permasalahan seandainya dapat lakukan transaksi yang banyak. Seandainya bila sekarang ini anda berjualan pulsa dengan rata-rata keuntungan per transaksi 1000 rupiah, jadi bila anda bisa lakukan transaksi sejumlah 50 transaksi anda dapat memperoleh keuntungan sekitar 50. 000 rupiah /hari, cukup banyak bukanlah. Yang perlu anda mencari yaitu koneksi baik pada rekan-rekan anda supaya pulsa elektrik yang anda jual laris keras.

2. Berjualan makanan atau minuman

Berjualan makanan atau minuman bukanlah hal yang gampang, karena anda membutuhkan tekad yang bulat dan mental baja. Mahasiswa yang seperti ini biasanya sudah kebal dengan omongan orang. Mereka bisa berjualan di kampus, sekitar kampus atau di tempat keramaian kota. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah memiliki toko sendiri loh.

2. Berbisnis Online

Internet memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya, bahkan dari internet anda bisa mendapatkan pendapatan lebih. Banyak dari kalangan mahasiswa yang sudah memanfaatkan teknologi ini, mereka meraup jutaan bahkan ratusan juta dari bisnis di internet. Mulai dari berjualan online melalui forum jual beli, membuat toko online, menjadi afiliate marketing, mendaftar di PPC google Adsense hingga bermain trading forex dan saham. Mereka sembari kuliah menghasilkan pundi pundi dollar melalui internet.

3. Les Privat

Bagi anak kuliah, mengajari anak SD, SMP dan SMA adalah hal gampang. Jika berada di jurusan keguruan mungkin bukan hal aneh lagi untuk mengajarkan anak sekolahan melalui privat atau kelas. Tapi banyak juga dari segala disiplin ilmu melakoni usaha ini. Salah satunya les privat yang cukup dikenal adalah Ganesha Education, les privat berbasis edukasi karakter.

4. Jasa pengetikan dan membuat artikel

Mengetik dan membuat tulisan adalah pekerjaan mahasiswa sehari hari. Namun kebanyakan hanya sebatas menyelesaikan tugas kuliah atau mengerjakat tugas akhir. Tapi tahukah anda bahwa ada juga yang memanfaatkan skill ini untuk meraup untung. Misalkan saja dengan membuka jasa pengetikan atau jasa penulisan artikel untuk website online atau dimuat di media. Seperti yang ada di jasamenulis.com , melayani pembuatan artikel untuk SEO maupun untuk kebutuhan website dan review produk. Para mahasiswa seringkali berkecimpung di lahan ini.

Leave a Reply