Waw, Ponsel Kusus Tuna Netra Berhasil Diciptakan Mahasiswa UGM

Waw, Ponsel Kusus Tuna Netra Berhasil Diciptakan Mahasiswa UGMDikampus.com – Tuna netra atau penderita kebutaan menjadi inspirasi bagi mahasiswa dari Universitas Gajah Mada ini untuk membuat ponsel khusus untuk mereka. Menjadi hal yang tidak mungkin untuk para penderita tuna netra bisa merasakan memiliki ponsel. Ponsel yang dibuat diinovasi dengan mengubah huruf untuk menulis dengan kode Braille.

Muhammad Hanif Sugiyanto dan Swakresna Edityomurti pelaku pembuatnya. Mahasiswa yang merupakan anggota civitas akademika dari Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik dan Jurusan Teknologi Jaringan Sekolah Vokasi itu memberi nama ponsel itu dengan nama iBlind.

Kode Braille yang ada di dalamnya tidak muncul dalam layar namun berupa kotak yang dilengkapi dengan lubang-lubang timbul sehingga penggunanya dapat dengan mudah mengenali huruf Braille. Hanif menjelaskan bahwa temuannya ini masih terbatas dalam 5 karakter saja tiap tampilan.

Prototype yang sedang Hanif dan Swakresna kembangkan belum bisa berwujud seperti ponsel pada umumnya. Ponsel yang mereka temukan hanya dapat menerima sms saja, belum bisa mengirim sms dan melakukan panggilan telepon.

Swakresna juga mengatakan bahwa pengembangan ponsel mereka masih harus dilakukan karena kini tiap komponen seperti display, modul GSM, dan software masih terpisah. Mereka menginginkan agar iBlind memiliki wuud seperti tablet ukuran 8×11 cm dengan tebal 5 mm.

Desain iBlind yang direncankan akan memiliki refreshable braille agar dapat menampilkan data inboks dan sms pada bagian depan. Untuk bagian bawahnya akan diberi keyboard tentunya dengan karakter Braille.

Ponsel temuan Hanif dan Swakresna pernah mendapat medali perunggu dalam International Exhibition of Young Inventors (IEYI) di Jakarta dengan kategori Technology for Special Needs pada 1 November tahun lalu.